VB. NET

Visual basic merupakan perangkat lunak event diven programming artinya pemograman yang dituliskan berdasarkan event tertentu . event yang dimiliki tergantung pada jenis komponennya,misalnya untuk komponen tombol memiliki event klik yang artinya yang terjadi event yang dilakukan klik terhadap tombol tersebut.komponen text memiliki event keypres yang berarti terjadi event penekanan tombol terhadap keyboard.
Setiap event yang terjadi di iikuti dengan terjadinya action atau tindakan ,dengan disilah kita dapat menuliskan programnya. Misalnya (command button) memiliki event clik yang isinya : satu baris program yang isinya :satu baris program yaitu end. Dengan perintah end maka menyebabkan progam akan keluar dan kembali ke visual basic.penambahan komponen dasar untuk melakukan operasi terhadap data yaitu kompoen texbox, label dan commond button, dengan komponen textbox kita bisa menmpilkan data yang ada pada label atau penampilan hasil dari suatu pencarian data
menambahkan komponen pada form
1. tambahkan tombol,label dan textbox
2. ubah setting properti tombol
menambahkan program pada tombol
Tombol yang dibuat, belum menghasikan apa-apa artinya belum punya action .supaya tombol tersebut di-lik,akan di kerjakan sesuatu misal:misal menyimpan data ke database atau keluar dari form ,untuk itu harus menambahkan program ke dalam tombol tersebut.
Kontrol adalah salah satu bentuk class pada pemrograman visual. Kontrol adalah komponen-komponen program yang dapat digunakan secara langsung oleh pemrogram untuk menghasilkan sebuah aplikasi.
Kontrol-kontrol dasar yang disediakan visual basic diantaranya adalah ; Label, text box, command button, dsb. Kontrol ini dapat digunakan langsung oleh pemrograman dengan cara memindahkannya ke object form dari jendela ToolBox.
Jendela ToolBox berisi daftar class-class kontrol. Pada saat sebuah kontrol diletakkan didalam form, barulah sebuah objek kontrol tercipta

Posting Komentar

About this blog

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
kalo anda mengenAL saya,, anda ga mgkin menyesal apabila ntar qta berteman...